CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 30 Agustus 2012

Lebih Peka dengan Mahkota




Judul                              : Mahir Menjaga Organ Intim Wanita
Penulis                           : Foezi Citra Cuaca Elmart

Editor                             : Dhita

Desain Sampul dan Isi   : Rendra TH

Penata Letak                  : Tofa

Penerbit                         : Tinta Medina, Creative Imprint of    

                                        Tiga Serangkai

Terbit                             : Juli, 2012 (Cetakan Pertama)
Tebal                              : 158 hlm.
ISBN                               : 978-602-9211-73-3                  


“Istilah kesehatan reproduksi masih belum terlalu akrab di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia. Realita ini terjadi karena corak budaya masyarakat yang masih menabukan diskusi seputar seks dan kesehatan reproduksi,” demikian kata Dr. Genis Ginanjar Wahyu, Pendiri Sekolah Jurnalistik Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Saya pribadi pun awalnya merasa agak risih untuk melanjutkan bacaan, dikarenakan masih merasa tabu dengan gambar-gambar dan pembahasan yang dipaparkan oleh penulis. 


Namun kesadaran akan berbagai fenomena yang terjadi pada sebagian kaum perempuan, yang salah satu penyebab utamanya adalah, karena rendahnya pengetahuan kaum perempuan mengenai organ reproduksinya. Seperti maraknya kasus pelecehan seksual, maraknya kasus sex bebas, hamil di luar nikah, penyakit organ reproduksi yang semakin meningkat dan sebagainya.

Perempuan dan Organ Reproduksinya

Penulis mengawali bukunya dengan pembahasan mengenai seluk-beluk organ reproduksi perempuan. Mulai dari organ kelamin luar hingga organ kelamin dalam. Mungkin sebagian besar kita banyak yang tidak mengetahui bahwa ternyata payudara dan kulit juga termasuk bagian dari organ reproduksi. Tahapan pubertas juga dibahas. Dan tentunya tanpa melewatkan pembahasan mengenai masalah organ reproduksi, seperti ‘si putih’, selutit dan strecth mark.

Perempuan dan Menstruasi

Bab ini mengupas tuntas mengenai siklus menstruasi, sehingga kita bisa mengetahui bagaimana cara menghitung lama siklus menstruasi dan bagaimana tahapan dari siklus itu sendiri. Selain itu juga ada pembahasan mengenai proses menstruasi, perubahan saat menstruasi, keluhan, mitos, hal-hal yang penting dilakukan saat menstruasi.


Penyakit Kelamin Perempuan

Pembahasan mengenai penyakit kelamin perempuan ini dilengkapi dengan gambar-gambar yang cukup bikin saya bergidik. Ternyata penyebabnya beragam. Ada yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur dan protozoa. Di sini juga dibahas keputihan yang berbahaya itu seperti apa dan bagaimana cara mencegah terjadinya penyakit kelamin tersebut. Ada pula pembahasan mengenai kanker ovarium, serviks dan payudara.

Menjaga Keperempuananmu

Nah, banyak dari kita ga begitu ngeh dengan yang satu ini. Gimana sih cara cebok yang benar? Perlu ga memakai sabun pembersih? Kebayang harusnya kita bawa handuk kecil kemana-mana? Berapa kali harus mengganti celana dalam, trus sebenarnya wajib ga pake panty liners? Semua akan terjawab di bab terakhir ini. Penggunaan pembalut pun di kupas tuntas lho!

Buku ini menarik. Bahasanya mudah dicerna dan mengalir, berasa seperti sedang membaca majalah. Ga bikin bosen dan pengen melanjutkan bacaan hingga tuntas sesegera mungkin. Yang pastinya setelah membaca, pengetahuan baru pun bertambah. So, ga perlu ragu untuk segera mengantongi buku ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar